Search by category:

Saat ini, WordPress dikenal sebagai salah satu content management system yang paling populer di dunia. Selain dinilai pengoperasiannya cukup mudah, tampilan web yang ditawarkan juga apik dan dinamis. Bagaimana cara menggunakan WordPress? Berikut tahapannya.

DASHBOARD
Untuk masuk ke admin dashboard, web berbasis WordPress secara default akan menggunakan alamat www.namaweb.com/wp-admin. Dashboard adalah layar pertama yang Anda lihat ketika Anda login ke wilayah administrasi situs Anda. Secara umum, dashboard adalah untuk memberikan tempat di mana Anda bisa mendapatkan gambaran di-sekilas apa yang terjadi dengan blog Anda. Anda dapat mengelola berita, melihat rancangan posting Anda, melihat siapa yang terhubung ke Anda atau seberapa populer konten Anda, atau check out dan memoderasi komentar Anda terbaru.

MENGELOLA CONTENT
Di halaman dashboard, Anda bisa membuat post dan page baru, yang secara otomatis akan masuk di arsip web. Artinya, data-data post dan page, saat dipublikasikan akan bisa diakses siapa saja dan searchable.

Posting entri atau artikel akan ditampilkan secara kronologis di halaman web Anda. Posting biasanya memiliki bidang komentar di bawah dan dimasukkan dalam RSS feed situs Anda.

Untuk menulis posting, Anda cukup login ke WordPress Administration Panel (Dashboard). Lalu klik tab Posts -> Klik Add Sub Tab Baru. Lalu mulai mengisi area yang disiapkan. Seperti judul, isi berita, pilih kategori, menambahkan tag, upload foto (insert dalam post dan featured image), lalu klik publish.

Untuk mengedit posting yang sudah ada, lihat sisi kiri, gerakkan mouse ke Posting> All Post. Nanti Anda bisa melihat semua posting yang sudah dibuat. Klik pada judul posting yang ingin Anda edit dalam daftar yang disediakan. Jika Anda hanya ingin mengubah judul, slug, tanggal atau kategori posting, Anda cukup meng-klik Quick Edit.

MENAMBAHKAN FOTO DALAM POST DAN PAGE

Tool uploader media baru WordPress telah membuatnya menjadi lebih mudah untuk menambahkan gambar dan galeri untuk posting Anda dan halaman.

Untuk menambahkan gambar:

  1. Pergi ke Halaman atau halaman Post edit di dashboard WordPress Anda.
  2. Tempatkan kursor dalam isi posting di mana Anda ingin gambar muncul.
  3. Klik pada tombol Add Media untuk meluncurkan alat Pengunggah Media.
  4. Anda dapat memilih untuk meng-upload gambar dari komputer Anda atau dari URL di web, atau Anda dapat menyisipkan gambar yang sudah ada di Media Library Anda.
  5. Jika Anda meng-upload gambar, klik tombol Select File dan arahkan ke gambar Anda di komputer Anda. Klik tombol Open.
  6. Setelah gambar Anda telah di-upload, Anda akan memiliki pilihan untuk menambahkan judul, keterangan, teks dan deskripsi alternatif.
  7. Anda juga dapat memilih alignment dari gambar, di mana gambar akan link ke dan ukuran gambar yang ingin ditampilkan. Jika gambar Anda lebih kecil dari salah satu ukuran mungkin, Anda tidak akan dapat memilih ukuran.
    Setelah Anda menambahkan pengaturan, klik tombol Insert ke Post.

Jika Anda ingin memasukkan sebuah galeri:

  1. Pergi ke Halaman atau halaman Post edit di dashboard WordPress Anda.
  2. Tempatkan kursor dalam isi posting di mana Anda ingin galeri untuk muncul.
  3. Klik pada tombol Add Media untuk meluncurkan alat Pengunggah Media.
  4. Anda dapat memilih untuk meng-upload gambar dari komputer Anda atau Anda dapat menggunakan gambar yang sudah ada di Media Library Anda. Anda tidak dapat menggunakan gambar dari URL di web dalam galeri anda.
  5. Jika Anda meng-upload gambar, klik tombol Select File dan arahkan ke setiap gambar Anda di komputer Anda. Klik tombol Open untuk membuka setiap gambar.
  6. Setelah masing-masing gambar Anda telah di-upload, Anda akan memiliki pilihan untuk menambahkan judul, keterangan, teks dan deskripsi alternatif.
  7. Setelah Anda telah menambahkan semua gambar yang ingin ditampilkan dalam galeri, beralih ke tab perpustakaan media Anda dan pilih gambar tersebut.
  8. Kemudian, klik tombol Create a New Gallery